440 Siswa SMK Dilepas Jalani PKL

OKE

PELEPASAN. 440 lebih siswa SMKN 1 Wonosobo mengikuti pelepasan PKL, di halaman sekolah, kemarin (29/2). Foto Erwin Abdillah

 

WONOSOBO – Terhitung mulai Senin (29/2), sedikitnya 440 siswa asal SMKN 1 Wonosobo mulai ditempatkan di sekitar 180 lebih instansi dan tempat usaha untuk menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan yang berlangsung dalam tiga bulan itu, dibagi menjadi dua tahap dengan jeda untuk Ujian kenaikan kelas. Setiap ‘Dunia Usaha Dunia Industry’ atau Dudi ditempati rata-rata oleh tiga hingga empat siswa dari Bidang Keahlian Teknik Informatika (TI) dan Bisnis Manajemen, masing-masing terdiri dari Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan pemasaran. Menurut Kepala SMK, Joko Sriwidadi para siswa akan benar-benar diuji dalam menjalani masa praktik dan juga membekali siswa dengan motivasi sehingga bisa menjadi bekal setelah lulus pada upacara hari Senin.

“Seluruh peserta PKL harus menjaga nama baik Sekolah. Ibaratnya, sswa harus selalu mengingat bahwa ‘Didadaku ada SMK N 1 Wonosobo’,” kata Kepala Sekolah kepada para peserta PKL yang akan menuju instansi masing-masing, kemarin (29/2).

Tak hanya di wilayah Wonosobo saja, para peserta PKL juga ditempatkan di luar kota, yakni di Jogjakarta didasarkan dari hasil seleksi keahlian. Sekertaris PKL TI, Puri Puspita, PKL yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XI tersebut menjadi media untuk menggembleng siswa dalam menjalani dunia professional. Mengingat banyaknya instansi, mulai dari usaha bidang TI, Kantor Pemerintah, Percetakan, Bank, Koperasi, Industri dan UMKM.

“Awalnya sekolah mendata instansi dan bidang usaha yang akan menerima disesuaikan dengan bidang kerjanya. Misalnya untuk siswa jurusan Multimedia diarahkan untuk PKL di usaha percetakan dan media. Begitu pula dengan jurusan Akuntansi yang diarahkan ke Bank atau koperasi,” katanya usai penyematan ID card oleh komite sekolah.

Seusai pelepasan yang ditandai dengan penyematan ID card, para siswa kemudian menuju ke tempat praktik masing-masing untuk penempatan. Umumnya peserta PKL mengenalkan diri dan mendapat pembagian tugas dari pengelola atau kepala instansi terkait. Salah satu kantor media lokal yang menjadi rekanan PKL SMKN 1 Wonosobo adalah Wonosobo Ekspres yang menyambut empat peserta PKL.

“Kami harap teman-teman PKL bisa mendapatkan ilmu baru dan pengalaman saat menjalani PKL di Wonosobo Ekspres dan bermanfaat saat menjalani dunia kerja nanti,” Pungkas Amirudin, kepala Biro. (win)

Leave a comment